Menjual burung Perlombaan dengan harga mahal, Halal ?

Pertanyaan  

Assalamualaikum, suami saya jual beli burung dengan harga yang sangat tinggi dari modal, karna suami pandai merawat burung kicau jadi harganya sangat tinggi karna di perlombakan suara kicau burung ,apakah uang ny itu halal /haram ustad,syukron

Jawaban
Ustadz Farid Nu'man, SS

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Bismillahirrahmanirrahim ..

Memelihara dan menjual (beli) burung boleh, sama sekali tidak ada larangan.

Hal ini berdasarkan hadits berikut:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحْسَنَ النَّاسِ خُلُقًا وَكَانَ لِي أَخٌ يُقَالُ لَهُ أَبُو عُمَيْرٍ قَالَ أَحْسِبُهُ فَطِيمًا وَكَانَ إِذَا جَاءَ قَالَ يَا أَبَا عُمَيْرٍ مَا فَعَلَ النُّغَيْرُ نُغَرٌ كَانَ يَلْعَبُ بِهِ

Dari Anas dia berkata; “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sosok yang paling mulia akhlaknya, aku memiliki saudara yang bernama Abu ‘Umair -Perawi mengatakan; aku mengira Anas juga berkata; ‘Kala itu ia habis disapih.”- Dan apabila beliau datang, maka beliau akan bertanya: ‘Hai Abu Umar, bagaimana kabar si nughair (burung pipitnya). Abu Umair memang senang bermain dengannya .. (HR. Bukhari no. 6203)

 

Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah mengatakan:

 

جواز إنفاق المال فيما يتلهى به الصغير من المباحات، وجواز إمساك ‏الطير في القفص ونحوه، وقص جناح الطير …

Dibolehkan membelanjakan harta untuk mainan anak-anak yg mubah, boleh juga mengurung burung di sangkar dan semisalnya, dan mencukur sayapnya … (Fathul Bari, 10/583)

 

Syaikh Abdullah Al Faqih Hafizhahullah mengatakan:

 

وأما طيور الزينة، فلا حرج -إن شاء الله- في الاتجار فيها بيعاً وشراء، فقد ثبت بالسنة الصحيحة جواز اقتنائها والانتفاع بها

 

Ada pun burung hias, tidak apa-apa -Insya Allah- dalam memperjualbelikannya. Telah shahih kebolehan memeliharanya dan memanfaatkannya. (Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah no.  36760)

 

Kemudian, .. tentang penentuan harga dan mengambil keuntungan,  sebagaimana barang dagangan lain, tidak ada ketentuan khusus dan baku dalam Al Qur’an dan As Sunnah tentang berapakah besarannya. Hal ini dikembalikan kepada tradisi yg patut dan layak di sebuah daerah dan zaman. Jadi, penentuan harga mesti pantas dan masuk akal.

 

Ada pun perlombaan burung, kicauannya, mencari hadiah karenanya … umumnya ulama melarangnya.

 

Syaikh Abdullah Al Faqih Hafizhahullah menjelaskan:

فإنه لا يجوز أخذ عوض في مسابقة أو مراهنة غير الخيل والإبل والسهام، لقوله صلى الله عليه وسلم “كل ما يلهو به الرجل المسلم فهو باطل، إلا رميه بقوسه، وتأديبه فرسه، وملاعبته أهله، فإنهن من الحق” أخرجه الإمام أحمد وغيره، ولقوله صلى الله عليه وسلم لا سبق إلا في نصل أو خف أو حافر” أخرجه الخمسة، وقد نقل ابن عبد البر الإجماع على تحريم الرهان في غير الثلاثة، وإنما اختصت هذه الثلاثة بتجويز العوض فيها أخذاً وعطاء لأنها من آلات الحرب المأمور بتعلمها

Tidak boleh mengambil imbalan dari  perlombaan dan taruhan, selain berkuda, unta, dan memanah. Berdasarkan hadits Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Semua permainan itu batil kecuali memanah, melatih berkuda, bergurau dgn istri, semua itu termasuk kebenaran.” (HR. Ahmad dan lainnya)

 

Hadits lainnya: “Tidak ada hadiah (lomba) kecuali pada panahan, balap unta dan kuda.” (HR. Khamsah)

 

Ibnu Abdil Bar menyebutkan adanya ijma’, tentang haramnya lomba (taruhan) kecuali terhadap tiga hal tadi. Sesungguhnya dikhususkan tiga hal ini pada pembolehan mengambil dan memberikan hadiah pelombaan, karena ketiganya merupakan alat-alat perang yg diperintahkan untuk mempelajarinya. (Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah no.  5822)

 

Lalu Beliau juga mengatakan:

أما جمال الديوك أو جمال أصوات الطيور فلا يجوز دفع العوض عنه ولا أخذه، إذا ليست فيه فائدة تعود على الفرد ولا على المجتمع، بل هو من باب العبث واللهو الباطل، وقد عد الفقهاء اللعب بالطيور والمراهنة بها من مسقطات الشهادة.

 

Ada pun perlombaan keindahan ayam, keindahan suara burung, tidaklah boleh memberi dan mengambil imbalan darinya. Itu tdk ada manfaat yang bisa diperoleh individu dan masyarakat, bahkan ini termasuk permainan sia-sia dna batil. Bahkan para ulama mengkategorikan ini sebagai hal yg dapat menggugurkan kesaksian.

Namun, para ulama Syafi’iyah memperluas hal ini, bahwa boleh juga perlombaan berhadian pada hal-hal yang terkait memajukan agama, seperti perlombaan keilmuan Al Qur’an, As Sunnah, karya tulis.

Demikian. Wallahu a’lam

Wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa’ala aalihi wa shahbihi wa sallam