Bolehkah Pengobatan Terapi dengan Media Telur ?

Pertanyaan  

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Ustadz, anak pertama saya tunarungu sejak lahir, sekarang berusia 7th dan sekolah di SLB, ada saudara yang menganjurkan kami untuk berobat ke tempat terapi, beliau seorang haji, setiap senin dan kamis tidak praktek/libur,ย  ybs mengobati pasien dengan cara meletakkan telapak tangannya di pundak pasien selama bbrp menit, pasiennya ramai dan banyak yg berhasil sembuh, untuk yg berpenyakit berat cara pengangkatan penyakitnya melalui telor angsa, yg ingin saya tanyakan apakah berobat ke sana/ pengobatan seperti itu termasuk perbuatan syirik? terima kasih atas penjelasan ustadz. jazakumullahu khairan katsira ๐Ÿ™

Jawaban
Ustadz Farid Nu'man, SS

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

 

Bismillahirrahmanirrahim ..

 

Berobat dalam Islam adalah bagian dari usaha yang dibenarkan, selain doa dan bersabar.

 

Hal ini sesuai dengan hadits,ย  Dari Abu Dardaโ€™ Radhiallahu โ€˜Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

 

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุฃูŽู†ู’ุฒูŽู„ูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽุงุกูŽ ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูŽูˆูŽุงุกูŽ ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ู„ููƒูู„ู‘ู ุฏูŽุงุกู ุฏูŽูˆูŽุงุกู‹ ููŽุชูŽุฏูŽุงูˆูŽูˆู’ุง ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุฏูŽุงูˆูŽูˆู’ุง ุจูุญูŽุฑูŽุงู…ู

 

โ€œSesungguhnya Allah Taโ€™ala menurunkan penyakit dan obatnya, dan Dia jadikan setiap penyakit pasti ada obatnya, maka berobatlah dan jangan berobat dengan yang haram.โ€

 

(HR. Abu Daud No. 3876, Imam Ibnul Mulaqin mengatakan: shahih. (Tuhfatul Muhtaj, 2/9). Imam Al Haitsami mengatakan: perawinya terpercaya. (Majmaโ€™uz Zawaid, 5/86)ย  )

 

Berobat dalam Islam diakui melalui berobat secara medis dan ilmiah, lalu hijaamah (bekam), dan ruqyah syar’iyyah. Ada pun kay (sundutan besi panas), diperselisihkan ulama.

 

Ada pun berobat dengan cara alternatif, maka kembali kepada apakah mengandung unsur-unsur yg dilarang oleh syariah? Misal, dengan sihir, ruqyah syirkiyah, ..? Jika ya, maka jauhi. Misal dengan bacaan-bacaan atau jampi yang bukan berasal dari Al Qur’an dan As Sunnah.

 

Ada pun memberikan syarat-syarat tertentu seperti harus membawa telur, atau contoh lain; kembang tujuh rupa, atauย  darah ayam cemani, dan sejenisnya, maka ini bukan pengobatan yang dibenarkan oleh syariat. Nuansa kleniknya begitu kuat, maka jauhi, dan tempuhlah cara-cara yang wajar, syar’iy, dan tawakkal kepada Allah Ta’ala.

 

Demikian. Wa Shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammadin wa’ala alaihi wa Sallam