Akad Hawalah di Lembaga Keuangan Syariah

Pertanyaan  

Bisa dijelaskan tentang aqad hawalah ustadz, mengapa ada lembaga keuangan syariah yg mengambil marjin dari aqad hawalah padahal bukannya itu asalanya adalah aqad tabarru’??

Jawaban
Ustadz Dr. Oni Sahroni, MA

Hawalah adalah pengalihan utang dari satu pihak ke pihak lain. Hawalah tersebut terdiri atas hawalah muqayyadah dan hawalah muthlaqah.

 

Hawalah muqayyadah adalah hawalah di mana muhil adalah orang yang berutang kepada muhal sekaligus berpiutang kepada muhal ’alaih sebagaimana dimaksud dalam Fatwa No.12/DSNMUI/IV/2000 tentang Hawalah.

 

Sedangkan hawalah muthlaqah adalah hawalah di mana muhil adalah orang yang berutang tetapi tidak berpiutang kepada muhal ’alaih;

 

Dalam Hawalah Muqayyadah itu berlaku ketentuan berikut :

a). Terpenuhi rukun hawalah yaitu orang yang berutang dan sekaligus berpiutang, orang berpiutang kepada muhil, orang yang berutang kepada muhil dan wajib membayar utang kepada muhtal, utang muhil kepada muhtal, dan sighat (ijab-qabul).

b). Pernyataan ijab dan qabul harus dinyatakan oleh para pihak untuk menunjukkan kehendak mereka dalam mengadakan kontrak (akad).

c). Akad dituangkan secara tertulis, melalui korespondensi, atau menggunakan cara-cara komunikasi modern.

d). Hawalah dilakukan harus dengan persetujuan muhil, muhal/muhtal, dan muhal ‘alaih.

e). Kedudukan dan kewajiban para pihak harus dinyatakan dalam akad secara tegas.

f). Jika transaksi hawalah telah dilakukan, pihak-pihak yang terlibat hanyalah muhtal dan muhal ‘alaih; dan hak penagihan muhal berpindah kepada muhal ‘alaih.

 

Sedangkan, dalam Hawalah Muthlaqah itu berlaku ketentuan berikut :

a). Hawalah bil ujrah hanya berlaku pada hawalah muthlaqah.

b). Dalam hawalah muthlaqah, muhal ’alaih boleh menerima ujrah/fee atas kesediaan dan komitmennya untuk membayar utang muhil.

c). Besarnya fee tersebut harus ditetapkan pada saat akad secara jelas, tetap dan pasti sesuai kesepakatan para pihak.

d). Pernyataan ijab dan qabul harus dinyatakan oleh para pihak untuk menunjukkan kehendak mereka dalam mengadakan kontrak (akad).

e). Hawalah harus dilakukan atas dasar kerelaan dari para pihak yang terkait.

f). Jika transaksi hawalah telah dilakukan, hak penagihan muhal berpindah kepada muhal ‘alaih.

g). LKS yang melakukan akad Hawalah bil Ujrah boleh memberikan sebagian fee hawalah kepada shahibul mal.

 

Sebagaimana Hadist  Nabi riwayat Imam al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Menunda-nunda pembayaran utang yang dilakukan oleh orang mampu adalah suatu kezaliman. Maka, jika seseorang di antara kamu dialihkan hak penagihan piutangnya (dihawalahkan) kepada pihak yang mampu, terimalah”. (HR. Bukhari).

 

Dan Hadist  Nabi riwayat Imam Ahmad dan al-Baihaqi dari Ibnu Umar, Nabi SAW bersabda:

“Siapa saja yang dialihkan hak-nya pada yang mampu maka dia harus menerima pengalihan itu.”

 

Ijma’. Para ulama sepakat atas kebolehan akad hawalah.

 

Kaidah Fikih: “Pada dasarnya, segala bentuk mu’amalah boleh dilakukan sepanjang tidak ada dalil yang mengharamkannya.”

 

Sebagaimana Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 12/DSN-MUI/VI/2000 tentang Hawalah, dan Fatwa Dewan Syariah Nasional No : 58/DSN-MUI/V/2007 tentang Hawalah bil Ujrah