Seputar Riba

Pertanyaan  

Assalamualaikum Ustadz Ana mau bertanya ttg Riba.

  1. Apakah hukum riba berlaku pada bank notes, yg tidak memiliki nilai intrinsik?
  2. Bagaimana bila dgn seseorang debitur yg menunda pembayaran hutangnya sampai dengan 10 tahun sehingga nilai tukar (kurs) mata uang yg digunakan untuk membayar hutangnya sudah mengalami devaluasi hampir 100%; bolehkah dikenakan biaya kurs atas hutangnya?

Demikian๐Ÿ™๐Ÿผ

Jawaban
Ustadz DR. Oni Sahroni, MA

Waalaikumussalam,

Bismillah..

Pertama, jika pada saat transaksi pinjam meminjam tersebut sudah disepakati kapan waktu pembayarannya dan merujuk kemana, apakah nominal yang dilunasi itu merujuk kepada nilai pada saat peminjaman atau pada saat pelunasan maka yang jadi referensi/rujukan adalah kesepakatan, apapun yang disepakati itu menjadi boleh dan efektif, dan wajib dipenuhi sesuai dengan hadist Rosulullah Saw.

(ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุดูุฑููˆุทูู‡ูู…ู’ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุดูŽุฑู’ุทู‹ุง ุญูŽุฑูŽู‘ู…ูŽ ุญูŽู„ุงูŽู„ุงู‹ ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุญูŽู„ูŽู‘ ุญูŽุฑูŽุงู…ู‹ุง (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ุนู† ุนู…ุฑูˆ ุจู† ุนูˆู

โ€œdan kaum muslimin terikat dengan syarat-syarat mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram.โ€ (HR. Tirmidzi dari โ€˜Amr bin โ€˜Auf)

 

Kedua, jika pada saat transaksi tidak ada kesepakatan tentang nilai mana yang dirujuk maka para ulama berbeda pendapat, sebagian ulama memperkenankan yang jadi referensi adalah nilai pada saat pelunasan dan sebagian yang lain yang jadi referensi adalah nilai pada saat meminjam, nah menurut saya apapun yang diptuskan kedua duanya boleh baik nilai pada saat pelunasan atau pada saat peminjaman, kedua duanya bukan bagian dari riba karena nilai tersebut bukan bunga atas pokok pinjaman dan besarannya bukan bagian dari kewenangan kreditur tapi itu adalah pertambahan nilai terhadap nilai kurs atau nilai tukar.

 

Ketiga, semaksimal mungkin menunaikan adab-adab islami dalam hutang pihutang yang diantaranya adalah musamahah (merelakan), meringankan beban mitra bisnisnya sesuai hadist Rosulullah Saw.

ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุญูู…ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุฌูู„ุงู‹ ุณูŽู…ู’ุญู‹ุง ุฅูุฐูŽุง ุจูŽุงุนูŽ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุงุดู’ุชูŽุฑูŽู‰ ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุงู‚ู’ุชูŽุถูŽู‰

dari Jabir ibnu Abdullah ra, Rasulullah Saw bersabda : โ€œAllah merahmati orang yang memudahkan ketika menjual, dan ketika membeli, dan ketika memutuskan perkara.โ€ (HR Bukhari).

Waallahu aโ€™lamโ€ฆ