Cara Memilih Partai Yang Baik

Pertanyaan  

Assalamualaikum wr wb. Jika kita ingin memilih partai politik yg banyak jumlahnya, Bagaimana cara terbaik memilih partai politik yang banyak itu sesuai dengan keinginan kita dan kemaslahatan orang banyak.?

Jawaban
KH. DR. Surahman Hidayat, MA.

Waa’laikumussalam wr wb.

Dimana partai itu sendiri adalah komunitas politik yang berwawasan moral dengan spirit menegakkan sila-sila dalam pancasila yang berpegang teguh pada ketaqwaan terhadap tuhan yang Maha Esa (Allah swt) dengan landasan konstitusional operasional berkenegaraan, berkebangsaan sebagaimana digariskan dalam UUD tahun 1945 serta dilengkapi ketentuan-ketentuan teknis operasional dalam partai politik secara normatif dan visioner. maka partai-partai politik yang sah di Indonesia harus mengedepankan keunggulan berkompetisi dalam kelayakan untuk dipilih dari prespektif Pancasila, UUD 1945 dan regulasi politik yang ada. Menurut hemat saya bahwa kepatutan untuk dipilihnya dari partai-partai politik yang ada adalah menimbang kualitas kolektif pengurus dengan soliditas kadernya serta pendukungnya dalam hal-hal berikut :

  1. Utamakan yang punya kelebihan dalam religiusitas, kepatuhan menjalankan agama
  2. Punya keunggulan dalam kepedulian terhadap masyarakat terutama kalangan lemah dan termarginalkan
  3. Partai yang relatif paling kuat kepatuhannya terhadap hukum dan paling kuat komitmennya dalam menolak korupsi.

Dalam hubungannya dengan kaum muslimin ada dua jalan besar untuk memilih baik partai maupun kandidat baik legislatif maupun eksekutif sebagaimana anjuran Nabi Saw, untuk menghindari dari kelekeliiruan dan penyesalan itu yang pertama adalah hasil musyawarah kalangan yang berilmu dan yang kedua hasil istikharah masing-masing, karena pilihan di tps itu bersifat individual da  tidak bisa diwakilkan.

Dalam hubungan ini kaum muslimin berkewajiban menjunjung tinggi para ulama sebagai pewaris Nabi Saw, dimana hasil musyawarah, kajian, tausiyah dari ulama menjadi tuntunan dan tuntutan moral untuk di perhatikan dan untuk di ikuti.

Konsultasi Terkait

Tolak Uangnya dan Tolak Orangnya

👤 Oleh : Ustadz Farid Nu’man, SS. Menjelang hari H pencoblosan biasanya ramai orang-orang tidak bertanggungjawab menyebarkan uang, gula, dll, ke rumah-rumah masyarakat dalam rangka “menyuap” mereka agar memilih jagoannya. Tentu mereka tidak sendiri, ada penyandang dana dan eksekutor lapangan. Ada yang menyikapi, “Biarlah, terima aja tapi jangan pilih orangnya.” Ini tentu salah dan tidak … Continued

Selengkapnya