Bolehkah Qurban Sapi Lebih dari 7 Orang?

Pertanyaan  

Assalamu’alaykum ustad, Maaf mau tanya seputar Qurban. Jika Qurban Sapi patungan lebih dari 7 orang, hukumnya bagaimana ya ustadz?

Jawaban
Ustadz Farid Nu'man, SS

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah, Bismillah al Hamdulillah …

Patungan qurban sapi lebih dari tujuh orang tidak diperbolehkan, tujuh orang adalah maksimal.  Dalam Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyah no. 189873:

فلا حرج في أن يشترك شخصان أو ثلاثة.. أو أكثر في الأضحية ببقرة أو بدنة ما لم يتجاوزوا سبعة. كما يجوز أن يضحي شخص واحد ببقرة أو بدنة

Tidak apa-apa patungan dua orang atau tiga .. Atau lebih dalam qurban Sapi atau Unta selama tidak melebih tujuh orang. Sebagaimana bolehnya seseorang berqurban dengan seekor Sapi atau Unta. (Selesai)

Ada pun pembolehan lebih dari tujuh terjadi pada qurban unta yang merupakan pendapat Ishaq bin Rahuyah (Rahawaih), berdasarkan hadits Abdullah bin Abbas Radhiallahu ‘Anhuma, Beliau berkata:

كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ فِي سَفَرٍ ، فَحَضَرَ الأَضْحَى ، فَاشْتَرَكْنَا فِي الْجَزُورِ عَنْ عَشَرَةٍ ، وَالْبَقَرَةِ عَنْ سَبْعَةٍ

Kami safar bersama Rasulullah ﷺ, lalu memasuki hari Idul Adha, maka kami menyembelih Unta betina untuk sepuluh orang dan sapi untuk tujuh orang. (HR. Ibnu Majah No. 3131, Al Baghawi dalam Syarhus Sunnah No. 1132, katanya: hasan gharib)

Namun mayoritas ulama menilai bahwa hadits ini telah mansukh (dihapus) secara hukum oleh hadits lain, dari Jabir Radhiallahu ‘Anhu. Imam As Suyuthi menjelaskan:

فاشتركنا في الجزور عن عشرة عمل به إسحاق بن راهويه وقال الجمهور انه منسوخ بالحديث الاتي عن جابر قال نحرنا بالحديبية مع النبي صلى الله عليه و سلم البدنة عن سبعة والبقرة عن سبعة

(Lalu kami berqurban Unta betina untuk sepuluh orang), hadits ini diamalkan oleh Ishaq bin Rahuyah. Namun mayoritas ulama mengatakan bahwa hadits ini telah dihapus oleh hadits berikut, dari Jabir dia berkata: “Kami menyembelih di Hudaibiyah bersama Nabi seekor Unta untuk 7 orang, dan seekor Sapi untuk 7 orang. (Syarh Sunan Ibni Majah, Hal. 226)

Maka, hadits ini menjadi pembatas bahwa tujuh orang merupakan batas maksimal perkongsian dalam qurban Sapi dan Unta. Inilah pendapat yang lebih hati-hati, sebagaimana penjelaskan Imam As Suyuthi Rahimahullah:

ان ما روى مسلم عن جابر يدل على انه عليه السلام أمر الصحابة في اشتراك السبعة في الإبل وحديث بن عباس لا يدل على امره صلى الله عليه و سلم وبالجملة العمل على حديث جابر أولى واحوط والله أعلم

Bahwasanya apa yang diriwayatkan Imam Muslim dari Jabir, menunjukkan bahwa Nabi memerintahkan para sahabat untuk berkongsi 7 orang pada seekor Unta, sedangkan hadits Ibnu Abbas tidaklah menunjukkan perintahnya (Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam). Jadi, secara global mengamalkan hadits Jabir adalah lebih utama dan lebih hati-hati. Wallahu A’lam. (Ibid)

Demikian.  Wallahu A’lam