Pertanyaan
Assallammualaikum, dulu istri saya pernah bernazar memberimakan 100 orang di suatu surau di kampung halaman kami, tetapi sekarang tinggal dirantau kalau nazar tersebut kami bayarkan di mana kami bermukim sekarang boleh kah pak ustad ?
Waalaikumussalam Warahmatullah Wabarakatuh, Bismillahirrahmanirrahim ..
Pada dasarnya nadzar mesti ditepati, tidak boleh dibatalkan.
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata kepada Umar Radhiyallahu ‘Anhu, saat Umar Radhiyallahu ‘Anhu bernadzar i’tikaf di masjid al Haram, saat masih jahiliyah dulu:
أَوْفِ بِنَذْرِكَ
Penuhi nadzarmu. (HR. Bukhari no. 9967)
Tapi, ada kondisi seseorg sulit menjalankan nadzarnya, sehingga boleh baginya bernadzar kepada yang lebih baik (afdol) dan mungkin dia lakukan.
Hal ini sesuai riwayat berikut:
وَعَنْ جَابِرٍ – رضي الله عنه – – أَنَّ رَجُلاً قَالَ يَوْمَ اَلْفَتْحِ: يَا رَسُولَ اَللَّهِ! إِنِّي نَذَرْتُ إِنْ فَتَحَ اَللَّهُ عَلَيْكَ مَكَّةَ أَنْ أُصَلِّيَ فِي بَيْتِ اَلْمَقْدِسِ, فَقَالَ: “صَلِّ هَا هُنَا” . فَسَأَلَهُ, فَقَالَ: “صَلِّ هَا هُنَا”. فَسَأَلَهُ, فَقَالَ: “شَأْنُكَ إِذًا” – رَوَاهُ أَحْمَدُ, أَبُو دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ
Dari Jabir Radhiallahu ‘Anhu, bahwa ada seorang laki-laki berkata pada hari Fathul Makkah: “Wahai Rasulullah, aku telah bernadzar jila Allah menaklukan kota Mekkah untukmu, aku akan shalat di Baitul Maqdis (Masjidil Aqsha).” Nabi bersabda: “Shalat di sini saja.” Orang itu meminta lagi. Nabi menjawab: “Shalat di sini saja.” Orang itu masih meminta lagi. Maka Nabi menjawab: “Kalau begitu terserah kamu.” (HR. Ahmad, Abu Daud, dan dishahihkan oleh Al Hakim)
Dalam hadits ini, seorang sahabat bernadzar ingin shalat di Baitul Maqdis (Palestina), jika berhasil Fathul Makkah. Ketika terwujud Fathul Makkah, dan dia ingin menjalankan nadzarnya, Nabi Muhammad Shalallahu’Alaihi wa Sallam menganjurkan untuk diubah ke Masjid Al Haram saja, sebab itu tempat lebih utama dan lebih dekat tempatnya.
Oleh karena itu, Imam Ibnu Taimiyah Rahimahullah mengatakan:
ومن نذر صوماً معيناً فله الانتقال إلى زمن أفضل منه
Barang siapa yang bernadzar puasa secara khusus maka lebih utama baginya mengubah ke waktu (hari) yang lebih afdol. (Ikhtiyarat, Hal. 329)
Maka, terkait pertanyaan di atas, silahkan dia menjalankan nadzarnya di daerahnya saat ini jika itu lebih mudah dijalankan tapi tidak boleh baginya mengurangi sifatnya misal menjadi memberi 50 fakir miskin, tapi hendaknya tetap 100 bahkan sebaiknya lebih.
Wa Shalallahu ‘Ala Nabiyyina Muhammadin wa’ala aalihi wa Shahbihi wa Sallam
Wallahu a’lam