Mensucikan Najis Jilatan Anjing

Pertanyaan  

Assalamualaikum. Saya punya klinik hewan (suami dokter hewan), hewan yang datang kadang ada anjing, anjingnya kemungkinan menjilati kaca, kursi, meja. Cara untuk mensucikannya seperti apa ya?

Jawaban
Ustadz Farid Nu'man, SS

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Bismillahirrahmanirrahim..

Cara membersihkan najis liurnya anjing adalah seperti yang tertera dalam hadits berikut:

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَهُورُ إِنَاءِ أَحَدِكُمْ إِذَا وَلَغَ فِيهِ الْكَلْبُ أَنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ أُولَاهُنَّ بِالتُّرَابِ

Dari Abu Hurairah dia berkata, ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sucinya bejana kalian apabila dijilat anjing adalah dengan mencucinya tujuh kali dan yang pertama kali dengan tanah.”

(HR. Muslim no. 279)

Jadi, caranya adalah pertama-tama bersihkan dengan turab yaitu tanah atau pasir. Setelah itu cuci tujuh kali dengan air.

Semua ini Jika kita yakin ada bagian yang memang dijilat anjing. Ada pun bagian-bagian yang tidak kita ketahui, atau tidak yakin, maka ambil sikap yang paling kuat atau dominan. Jika yakin tidak dijilat maka dipel biasa saja. Jika yakin dijilat maka lakukan seperti cara di atas.

Kaidahnya:

 اليقين لا يزال بالشك

Keyakinan tidak bisa dihilangkan dengan yang ragu.

Demikian. Wallahu A’lam

Konsultasi Terkait

Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah 

Pointer Khutbah Juma’t 1442 H (Seri 29) Tema : Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah  Penulis : KH. Dr. Surahman Hidayat, MA. Khutbah Pertama الْحَمْدُ للهِ الْقَائِل فِي كِتَابِهِ :يُقَلِّبُ ٱللَّهُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ  إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِّأُوْلِى ٱلْأَبْصَٰرِ أشْهَدُ أنْ لاَ إلهَ إلاَّ الله جَلَّ وَعلاَ وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُه الرَّحْمَة لِلْبَرَايَا الَّلهُمَّ … Continued

Selengkapnya

Menyikapi Hadiah Non Muslim kepada Kita

Ustadz bagaimana sikap terbaik dlm islam, terhadap tentangga kita yg akan merayakan natal, Mereka tetangga yg baik dan santun. Ketika lebaran, mereka berkunjung ke rumah kami. Terkadang memberi makanan, apa boleh kami makan?

Selengkapnya

Hari Ibu; Haram dan Menyerupai Orang Kafir?

saya nanya soal larangan memperingati hari ibu menurut beberapa ustadz karena tasabbuh, saya kerja di bumn tadi pagi disuruh upacara memperingati hari ibu, karena tasabbuh berarti semua karyawan termasuk saya yg muslim berdosa.

Selengkapnya