Keutamaan Membaca Al Quran dengan Mushaf dan HP

Pertanyaan  

kalo setiap hari membaca Al Quran/tilawah dengan menggunkan HP boleh? Ada perbedaan keutamaan dg membaca dg menggunakan mushaf AlQuran atau tidak?

Jazakumullah jawabnnya

Jawaban
Ustadz Bakrun Syafii, Lc,. MA.

Al Qur’an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui malaikat Jibril yang dianggap ibadah membacanya (Al Muta’bbadu Bitilawatih). Membaca Al Qur’an adalah salahsatu kewajiban umat Islam terhadap kitab sucinya. Semakin banyak membaca semakin banyak pula pahala yang di dapatkannya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam membaca Al Qur’an, kadang dengan menghafal dan kadang dengan melihat tulisan. Kadang membacanya melalui mus’haf, atau lembaran-lembaran yang dicetak dengan muatan khusus ayat-ayat Al Qur’an dan kadang pula membacanya melalui program yag ada di computer ataupun HP. Semuanya diperbolehkan dan in syaa Allah mendapatkan pahala yang dijanjikan.

Adapun dari sisi keutamaan, tentunya membaca Al Qur’an melalui mushaf yang special dicetak hanya untuk ayat-ayat Al Qur’an, tentu lebih utama dibanding membaca Al Qur’an melalui HP. Karena menyentuh mus’haf diperintahkan untuk berwudhu terlebih dahulu, dan ini berbeda dengan menyentuh HP. Sehingga membaca Al Qur’an melalui mushaf mendapatkan berbagai macam pahala; mulai dari pahala membaca, pahala melihat tulisan, pahala berwudhu sebelum membaca, dan pahala menyentuh mushaf yang dimuliakan Allah SWT berfirman, “Tidak menyentuh Mushaf kecuali dengan kondisi suci”. (Q.S. Al Waqi’ah : 79)