Ibu Menghadiahkan Rumah Kepada Anak

Pertanyaan  

Assalaamu’alaykum warohmatullaahi wabaarokaatuh, ustadz/ustadzah saya mau bertanya, jika orangtua (ibu) punya rumah, dan beliau mempunyai 3 anak laki-laki semua, lalu beliau menghadiahkan rumah itu kepada salah satu putranya. Apakah boleh, atau sebaiknya dibagi 3 ?

Jawaban
Ustadzah Herlini Amran, MA.

Pemberian orangtua kepada anak-anaknya disaat mereka masih hidup dinamakan dengan Hibah.

Pemberian (hibah) tersebut tidak sama dengan pemberian warisan yang dibagikan setelah orang tua wafat. Maka syarat dalam hibah tersebut adalah semua anak diberikan dalam jumlah yang sama dan tidak boleh dibedakan antara anak laki-laki dengan anak perempuan.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh  Bukhari 2587 & Muslim 1623, Nu’man bin Basyir Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, Ayahku memberikan sebagian hartanya kepadaku. Kemudian beliau tanyakan hal itu kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian Nabi bertanya,“Apakah kau juga berikan harta yang sama kepada semua anakmu?” “Tidak.” Jawab Basyir. Lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اتَّقُوا اللَّهَ وَاعْدِلُوا فِي أَوْلَادِكُمْ

“Bertaqwalah kepada Allah, dan bersikaplah adil terhadap anak-anakmu.”

Dalam riwayat lain, Rasulullah saw bersabda :

فَلَا تُشْهِدْنِي إِذًا ، فَإِنِّي لَا أَشْهَدُ عَلَى جَوْرٍ

“Jangan kau jadikan aku saksi atas pemberianmu, karena aku tidak mau jadi saksi untuk kedzaliman.”

Dari nash diatas, maka hibah orang tua kepada anak-anaknya   wajib bersikap adil dan memberikan jatah yang sama kepada anak. Maka hibahkanlah rumah tersebut untuk semua anak-anak. Kecuali salah seorang dari anak tsb memberikan jatahnya kepada saudaranya yang lain. Wallohu A’lam

Konsultasi Terkait

Antara Harta Hibah dan Harta Warisan

Saya 5 bersaudara (adik saya 4) almarhum orang tua saya membeli tanah (+bangunan) seluas 200m sekitar th 1988 dan oleh orang tua dinamakan atas nama saya, waktu itu saya sudah 17 thn dan punya ktp. Ketika saya dewasa sekitar umur 24 thn bapak saya bilang sama saya kalo rumah itu untuk saya dan adik-adik.

Selengkapnya