Hukum Membalik Telapak Tangan Ketika Qunut

Pertanyaan  

Assalamualaikum. Ustadz, mohon penjelasan tentang hukum membalik telapak tangan ketika doa qunut.

Jawaban
Ustadz Abdullah Haidir, Lc.

Berdasaran hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, secara umum, dalam berdoa disunahkan mengangkat kedua tangan dengan menengadahkan keduanya ke langit seraya merapatkan keduanya.

Akan tetapi sebagian ulama berpendapat bahwa jika doanya memohon di angkat dari musibah dan bencana, maka caranya adalah dengan menengadahkan punggung tangan ke langit. Adapun meminta sesuatu yang diinginkan dengan cara menengadahkan kedua telapak tangan.

Imam An-Nawawi mengatakan dalam kitabnya Syarh An-Nawawi Ala Muslim, 6/190

” قَالَ جَمَاعَةٌ مِنْ أَصْحَابِنَا وَغَيْرُهُمْ: السُّنَّةُ فِي كُلِّ دُعَاءٍ لِرَفْعِ بَلَاءٍ ، كَالْقَحْطِ وَنَحْوِهِ ، أَنْ يَرْفَعَ يَدَيْهِ وَيَجْعَلَ ظَهْرَ كَفَّيْهِ إِلَى السَّمَاءِ، وَإِذَا دَعَا لِسُؤَالِ شَيْءٍ وَتَحْصِيلِهِ ، جَعَلَ بَطْنَ كَفَّيْهِ إلى السماء “

“Para ulama dari kalangan (mazhab) kami dan selain mereka berkata, ‘Sunah dalam setiap doa memohon agar bencana diangkat, seperti paceklik dan semacamnya, dengan mengangkat kedua tangannya dan menjadikan punggung tapak tangannya ke langit. Adapun jika dia mehomon sesuatu kebaikan, menjadikan kedua telapak tangannya menengadah ke langit.”

Dalil yang menjadi landasan mereka adalah hadits riwayat Muslim dari sahabat Anas bin Malik dia berkata,

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَسْقَى، فَأَشَارَ بِظَهْرِ كَفَّيْهِ إِلَى السَّمَاءِ

“Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam berdoa memohon hujan, lalu dia memberikan isyarat dengan punggung tapak tangannya ke langit.”

Akan tetapi sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa hadits di atas bukanlah dalil yang menunjukkan disunahkannya menengadahkan punggung tapak tangan dalam berdoa menolak bala. Akan tetapi itu adalah doa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam saat istisqo yang karena beliau menganggat tangannya tinggi sehingga tampak punggung tapak tangannya menengadah ke langit dan telapak tangannya menghadap ke bumi.

Kesimpulannnya wallahu a’lam, berdoa secara umum adalah dengan mengangkat kedua telapak tangan dan menengadahkannya ke langit.

Konsultasi Terkait