Hukum Ikut Kajian Agama Bersama LGBT

Pertanyaan  

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Pak Ustadz. Bagaimanakah hukum ikut mengkaji agama dan solat berjamaah bersama orang-orang yang tergolong LGBT, seperti waria, transgender dll? Mohon pencerahannya ustadz, Jazakallah khoir

Jawaban
Ustadz Farid Nu'man, SS

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Bismillahirrahmanirrahim…

Pada prinsipnya duduk dalam majelis ilmu, selama yang disampaikan adalah Al Quran, As Sunnah, nasihat para imam, shalihin, dan ulama, dan disampaikan oleh orang yang bisa dipercaya keilmuan dan akhlaknya, tentu tidak masalah. Semoga itu menjadi majelis taman-taman surga.

Hanya saja yang perlu diwaspadai, ketika majelis itu diramaikan oleh para pengidap LGBT adalah:

  1. Apakah isinya menasihati atau membenarkan LGBT? Jika menasihati agar mereka bertobat tentu itu sangat bagus. Tapi, jika justru membenarkan mereka, maka jangan hadir di dalamnya sebab itu bukan majelis ilmu yang dibenarkan.

Imam Abu Ali Ad Daqaq Rahimahullah mengatakan:

 السكوت عن الحق شيطان اخرس

“Sikap diam tidak menyampaikan kebenaran terhadap kesalahan adalah syetan bisu.”

  1. Lihat pula nara sumbernya, jika nara sumbernya dikenal sebagai kalangan liberal maka tinggalkan majelis tersebut.

 

  1. Lihat juga apakah kehadiran kita malah menjadi alasan bagi mereka atas kondisi LGBTnya mereka, atau justru menjadi nasihat atas mereka.

Demikian. Wallahu A’lam

Konsultasi Terkait

Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah 

Pointer Khutbah Juma’t 1442 H (Seri 29) Tema : Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah  Penulis : KH. Dr. Surahman Hidayat, MA. Khutbah Pertama الْحَمْدُ للهِ الْقَائِل فِي كِتَابِهِ :يُقَلِّبُ ٱللَّهُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ  إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِّأُوْلِى ٱلْأَبْصَٰرِ أشْهَدُ أنْ لاَ إلهَ إلاَّ الله جَلَّ وَعلاَ وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُه الرَّحْمَة لِلْبَرَايَا الَّلهُمَّ … Continued

Selengkapnya

Menyikapi Hadiah Non Muslim kepada Kita

Ustadz bagaimana sikap terbaik dlm islam, terhadap tentangga kita yg akan merayakan natal, Mereka tetangga yg baik dan santun. Ketika lebaran, mereka berkunjung ke rumah kami. Terkadang memberi makanan, apa boleh kami makan?

Selengkapnya

Hari Ibu; Haram dan Menyerupai Orang Kafir?

saya nanya soal larangan memperingati hari ibu menurut beberapa ustadz karena tasabbuh, saya kerja di bumn tadi pagi disuruh upacara memperingati hari ibu, karena tasabbuh berarti semua karyawan termasuk saya yg muslim berdosa.

Selengkapnya