Hukum Membunuh Semut?

Pertanyaan  

Apakah hukumnya membunuh semut dalam jumlah yang banyak yang kadang suka masuk ke makanan kita, atau merusak peralatan elektronik di rumah?

Jawaban
Ustadz Farid Nu'man, SS

Bismillahirrahmanirrahim..

Semut salah satu hewan yang terlarang utk dibunuh.

Berdasarkan hadits berikut:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَتْلِ أَرْبَعٍ مِنْ الدَّوَابِّ النَّمْلَةِ وَالنَّحْلِ وَالْهُدْهُدِ وَالصُّرَدِ

Dari Ibnu Abbas dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang membunuh empat jenis binatang melata; semut, lebah, hudhud dan Shurad (sejenis burung pipit).”

(HR. Ibnu Majah no. 3224, shahih)

Maka, membunuh semut secara sengaja adalah terlarang.

Tapi, jika tidak sengaja, atau sangat menganggu kepada kehidupan manusia, atau membahayakan maka tidak apa-apa.

Syaikh Abdullah Al Faqih Hafizhahullah mengatakan:

ويجوز قتل النمل الضار الذي يسبب أذى للإنسان في جسده أو أمتعته كالنمل الأبيض المعروف (بالأرضة)

Boleh membunuh semut yg membahayakan manusia, baik membahayakan tubuh manusia atau perabotannya, seperti semut putih (rayap) sebagaimana yang telah dikenal.

(Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah)

Wallahu A’lam

Konsultasi Terkait

Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah 

Pointer Khutbah Juma’t 1442 H (Seri 29) Tema : Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah  Penulis : KH. Dr. Surahman Hidayat, MA. Khutbah Pertama الْحَمْدُ للهِ الْقَائِل فِي كِتَابِهِ :يُقَلِّبُ ٱللَّهُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ  إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِّأُوْلِى ٱلْأَبْصَٰرِ أشْهَدُ أنْ لاَ إلهَ إلاَّ الله جَلَّ وَعلاَ وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُه الرَّحْمَة لِلْبَرَايَا الَّلهُمَّ … Continued

Selengkapnya

Menyikapi Hadiah Non Muslim kepada Kita

Ustadz bagaimana sikap terbaik dlm islam, terhadap tentangga kita yg akan merayakan natal, Mereka tetangga yg baik dan santun. Ketika lebaran, mereka berkunjung ke rumah kami. Terkadang memberi makanan, apa boleh kami makan?

Selengkapnya

Hari Ibu; Haram dan Menyerupai Orang Kafir?

saya nanya soal larangan memperingati hari ibu menurut beberapa ustadz karena tasabbuh, saya kerja di bumn tadi pagi disuruh upacara memperingati hari ibu, karena tasabbuh berarti semua karyawan termasuk saya yg muslim berdosa.

Selengkapnya