Bolehkah Infaq Dari Pelayat Di Sedekahkan?

Pertanyaan  

Saya dapat beras dari pelayat bolehkah berasnya saya sumbangkan ke panti asuhan?

Jawaban
Ustadz Farid Nu'man, SS

Bismillahirrahmanirrahim..

Dalam pertanyaan tidak disebut pelayat apa yang dimaksud. Tapi, perkiraan kami adalah pelayat ta’ziyah. Biasanya di negeri kita para pelayat memberikan bantuan kepada keluarga mayit, baik berupa tenaga, makanan, dan uang. Ini memang sunnah, sebagaimana yang dianjurkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam kepada sahabatnya untuk keluarga Ja’far, disaat wafatnya Ja’far bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu.

Kemudian, apakah boleh sumbayangan pelayat itu disumbangkan ke panti asuhan?

Sedekah dr para pelayat pada prinsipnya adalah milik si mayit dan keluarganya, sebaiknya dipakai dulu untuk kepentingan mayit; seperti biaya kafan, pemandian, penguburan, dan sebagainya. Jika mayit punya hutang maka bisa dibayar dengan harta peninggalannya (tirkah), dan juga tambahan uang pelayat. Intinya, manfaatkan dulu untuk pengurusan jenazah.

Jika semua sudah dilaksanakan, dan uangnya masih ada, maka tidak masalah dana itu disedekahkan kepada fakir miskin, dengan maksud pahalanya buat si mayit. Ini boleh, dan sampai manfaatnya kepadanya, berdasarkan sunnah dan ijma’.

Dari Sa’ad bin ‘Ubadah Radhiallahu ‘Anhu, katanya:

قلت يا رسول الله إن أمي ماتت أفأتصدق عنها قال نعم قلت فأي الصدقة أفضل قال سقي الماء .

“Aku berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku wafat, apakah aku bersedekah untuknya? Beliau menjawab: “Ya”. Aku berkata: “Sedekah apa yang paling afdhal?” Beliau menjawab: “Mengalirkan air.”

(HR. An Nasa’i No. 3664, Ibnu Majah No. 3684. Shahih. Shahih wa Dhaif Sunan An Nasa’i No. 3664)

Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan tentang maksud hadits di atas:

وَفِي هَذَا الْحَدِيث جَوَاز الصَّدَقَة عَنْ الْمَيِّت وَاسْتِحْبَابهَا ، وَأَنَّ ثَوَابهَا يَصِلهُ وَيَنْفَعهُ ، وَيَنْفَع الْمُتَصَدِّق أَيْضًا ، وَهَذَا كُلّه أَجْمَعَ عَلَيْهِ الْمُسْلِمُونَ

“Dalam hadits ini menunjukkan bolehnya bersedekah untuk mayit dan itu disunahkan melakukannya, dan sesungguhnya pahala sedekah itu sampai kepadanya dan bermanfaat baginya, dan juga bermanfaat buat yang bersedekah. Dan, semua ini adalah ijma’ (kesepakatan) semua kaum muslimin.”

(Imam An Nawawi, Al Minhaj Syah Shahih Muslim, 6/20)

Imam Ibnu Katsir Rahimahullah, dalam kitab tafsirnya:

فأما الدعاء والصدقة فذاك مجمع على وصولهما، ومنصوص من الشارع عليهما.

“Adapun doa dan bersedekah, maka keduanya telah disepakati (ijma’) akan sampai kepadanya (mayit), dan keduanya memiliki dasar dalam nash syariat.”

(Tafsir Al Quran Al ‘Azhim, Imam Ibnu Katsir, Tafsir Al Quran Al ‘Azhim, Juz.7, Hal. 465)

Demikian. Wallahu a’lam

Konsultasi Terkait

Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah 

Pointer Khutbah Juma’t 1442 H (Seri 29) Tema : Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah  Penulis : KH. Dr. Surahman Hidayat, MA. Khutbah Pertama الْحَمْدُ للهِ الْقَائِل فِي كِتَابِهِ :يُقَلِّبُ ٱللَّهُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ  إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِّأُوْلِى ٱلْأَبْصَٰرِ أشْهَدُ أنْ لاَ إلهَ إلاَّ الله جَلَّ وَعلاَ وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُه الرَّحْمَة لِلْبَرَايَا الَّلهُمَّ … Continued

Selengkapnya

Menyikapi Hadiah Non Muslim kepada Kita

Ustadz bagaimana sikap terbaik dlm islam, terhadap tentangga kita yg akan merayakan natal, Mereka tetangga yg baik dan santun. Ketika lebaran, mereka berkunjung ke rumah kami. Terkadang memberi makanan, apa boleh kami makan?

Selengkapnya

Hari Ibu; Haram dan Menyerupai Orang Kafir?

saya nanya soal larangan memperingati hari ibu menurut beberapa ustadz karena tasabbuh, saya kerja di bumn tadi pagi disuruh upacara memperingati hari ibu, karena tasabbuh berarti semua karyawan termasuk saya yg muslim berdosa.

Selengkapnya