Bayar Utang Kepada Orangtua Yang Sudah Wafat

Pertanyaan  

saya pernah pinjam uang ke mama saya untuk modal bisnis 4 tahun lalu. Mama saya sekarang sudah meninggal. Untuk membayar hutangnya gimana ya pak? Kepada siapa? Orang tua saya yang masih ada bapak saya. Kalau saya ga salah bapak saya pernah mengikhlaskannya. Bagaimana itu pak? Terima kasih

Jawaban
Ustadz Abdullah Haidir, Lc.

Pada dasarnya utang adalah sesuatu yang harus dilunasi oleh si peminjam. Apalagi jika dia memiliki kemampuan untuk itu. Tak terkecuali dia berhutang kepada orang tuanya. Bahkan semestinya, kepedulian untuk melunasinya lebih besar karena kedudukan orang tua di mata anaknya, walaupun orang tuanya mampu, apalagi jika orang tuanya memang membutuhkannya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَطْلُ اْلغَنِيِّ ظُلْمٌ

“Menunda pembayaran (utang) bagi orang kaya adalah kezaliman.” (Muttafaq alaih)

Utang anda kepada ibu anda harus dilunasi. Jika ternyata ibu sudah wafat, maka hutang itu menjadi harta waris yang harus dibagikan kepada ahli waris. Kecuali kalau ternyata uang yang dipinjamkan ibu itu ternyata uang bapak, maka ketika bapak anggap lunas, berarti telah dianggap lunas. Teknisnya bisa disampaikan kepada ahli waris yang ada terkait hal tersebut, lalu jumlah uangnya dibagikan kepada ahli waris sesuai pembagian waris. Jika ternyata ahli waris sepakat menganggap lunas, maka baru dapat dianggap lunas.  Wallahu a’lam.

 

Konsultasi Terkait

Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah 

Pointer Khutbah Juma’t 1442 H (Seri 29) Tema : Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah  Penulis : KH. Dr. Surahman Hidayat, MA. Khutbah Pertama الْحَمْدُ للهِ الْقَائِل فِي كِتَابِهِ :يُقَلِّبُ ٱللَّهُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ  إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِّأُوْلِى ٱلْأَبْصَٰرِ أشْهَدُ أنْ لاَ إلهَ إلاَّ الله جَلَّ وَعلاَ وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُه الرَّحْمَة لِلْبَرَايَا الَّلهُمَّ … Continued

Selengkapnya

Menyikapi Hadiah Non Muslim kepada Kita

Ustadz bagaimana sikap terbaik dlm islam, terhadap tentangga kita yg akan merayakan natal, Mereka tetangga yg baik dan santun. Ketika lebaran, mereka berkunjung ke rumah kami. Terkadang memberi makanan, apa boleh kami makan?

Selengkapnya

Hari Ibu; Haram dan Menyerupai Orang Kafir?

saya nanya soal larangan memperingati hari ibu menurut beberapa ustadz karena tasabbuh, saya kerja di bumn tadi pagi disuruh upacara memperingati hari ibu, karena tasabbuh berarti semua karyawan termasuk saya yg muslim berdosa.

Selengkapnya