Bagaimana Cara Untuk Istiqomah

Pertanyaan  

Assalamualaikum Ustadz saya punya masalah dalam ibadah. Saya sering merasa bosan bahkan malas dalam beribadah. Saya sering berniat akan merubah diri, semangat dalam beribadah, semangat menghapal al-quran. Tapi waktu pelaksanaannya kembali menjadi seorang pemalas. Jadi apa yang harus saya lakukan?

Jawaban
Ustadz Farid Nu'man, Ss.

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakaatuh

 

Bismillahirrahmanirrahim ..

Istiqamah dalam ibadah dan di atas kebenaran, adalah salah satu karamah, dan keistimewaan dari Allah Ta’ala atas hambaNya. Apalagi di akhir zaman yang penuh fitnah seperti sekarang.

 

Untuk istiqamah, tentu butuh Mujahadah (keseriusan dan kesungguhan), dan juga cara untuk memunculkannya.

 

Di antaranya adalah:

  1. Adanya bi’ah shalihah (lingkungan yang baik), yaitu lingkungan yg kondusif untuk berjalannya ibadah kita. Lingkungan keluarga, warga, bahkan lingkungan dunia maya. Pilihlah lingkungan yang mendukung. Kalau konteksnya Al Qur’an, maka bergaullah dengan saudara-saudara kita konsern terhadap Al Qur’an.

 

  1. Adanya guru yang senantiasa mengingatkan kita disaat lupa, menegur kita disaat lalai.

Sebab, para ulama besar, para huffazh, mereka tidak muncul sendiri tapi hasil didikan guru-guru mereka. Hasil kebersamaan mereka dengan guru-gurunya.

 

  1. Adanya manhaj, konsep, dan kurikulum. Misal, kita membuat program, rencana tilawah, hapalan, yang harus kita lakukan .. lalu konsistenlah. Tujuan adanya konsep dan target adalah agar langkah yang kita lalukan terarah.

 

Demikian.  Wa Shalallahu ‘Ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala aalihi wa Shahbihi wa Sallam

Konsultasi Terkait

Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah 

Pointer Khutbah Juma’t 1442 H (Seri 29) Tema : Menyambut Pergantian Tahun dengan Amal dan Ibadah  Penulis : KH. Dr. Surahman Hidayat, MA. Khutbah Pertama الْحَمْدُ للهِ الْقَائِل فِي كِتَابِهِ :يُقَلِّبُ ٱللَّهُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ  إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِّأُوْلِى ٱلْأَبْصَٰرِ أشْهَدُ أنْ لاَ إلهَ إلاَّ الله جَلَّ وَعلاَ وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُه الرَّحْمَة لِلْبَرَايَا الَّلهُمَّ … Continued

Selengkapnya

Menyikapi Hadiah Non Muslim kepada Kita

Ustadz bagaimana sikap terbaik dlm islam, terhadap tentangga kita yg akan merayakan natal, Mereka tetangga yg baik dan santun. Ketika lebaran, mereka berkunjung ke rumah kami. Terkadang memberi makanan, apa boleh kami makan?

Selengkapnya

Hari Ibu; Haram dan Menyerupai Orang Kafir?

saya nanya soal larangan memperingati hari ibu menurut beberapa ustadz karena tasabbuh, saya kerja di bumn tadi pagi disuruh upacara memperingati hari ibu, karena tasabbuh berarti semua karyawan termasuk saya yg muslim berdosa.

Selengkapnya