Anak Mulai Suka dengan Lawan Jenis

Pertanyaan  

Assalamualaikum wr wb ustadzah, bagaimana cara menyadarkan anak remaja yang baru mulai suka dengan lawan jenisnya, apakah baiknya perlu ditanyakan langsung? Karena baru perasaan saja ia mulai seperti itu dan khawatir keterusan.

Jawaban
Ustadzah Nur Hamidah, MA

Waalaikumussalam wr wb.

بسم الله الرحمن الرحيم

Jatuh cinta dengan lawan jenis adalah manusiawi, tapi dengan sesama jenis itu terlaknat.

Jadi, sunatullah terjadi kepada anak yang sudah mulai dewasa dan mencari teman sejati dalam suka dan duka.

Untuk itulah pendampingan seorang ayah dan ibu sangat penting sebagai sahabat anak dan tempat curhat bagi anak, bukan menghakimi dan menggurui.

Jadi lah sahabat anak dalam merdiskusi mencari sosok pria / wanita idaman, sambil sosok tersebut sesuai dengan kriteria akhlak dan yang juga berbakti dan hormat kepada kepada kita sebagai orangtua.

Pendampingan dengan terus menjadi teman diskusi anak akan menjadikan anak semakin dekat dan percaya dengan kita.
Waalohu a’lam.

Konsultasi Terkait

Cinta Syiar Perjuangan Kami

Pointer Khutbah Juma’t 1442 H (Seri 37) Tema : Cinta Syiar Perjuangan Kami Penulis : KH. Dr. Surahman Hidayat, MA. Khutbah  I الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ الَّذِى حَبَّبَ الإِيمَانَ فِى قُلُوبِ الْمُؤْمِنِين أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ الَّذِي كَرَّهَ إلَيْهِم الْكُفْرَ والفُسُوق وَالْعِصْيَانَ وَجَعَلَهُم مِنَ الرَّاشِدِينَ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ الَّذِى أَرْسَلَهُ اللَّهُ بِالْحُبّ … Continued

Selengkapnya

Cintai Dan Benci Seseorang Sewajarnya

👤 Oleh : Ustadz Abdullah Haidir, Lc. Kadang kita dibuat kecewa oleh orang-orang yang dahulunya kita kagumi dan kita jadikan sosok teladan. Ternyata seiring perjalanan waktu terjadi perubahan yang ekstrim pada dirinya. Akhirnya kekaguman berubah menjadi kecaman, pujian berubah menjadi cacian. Pelajaran bagi kita, apabila mencintai seseorang, cintailah sewajarnya, pun jika memusuhinya, musuhi pula sewajarnya. … Continued

Selengkapnya