Jangan โ€œMati Gayaโ€ Di Hadapan Promotor Kemunkaran

๐Ÿ‘ค Oleh : Ustadz Abdullah Haidir, Lc.

Seringkali kita dihadapkan pada sebuah kenyataan dimana kemunkaran dipromosikan secara terbuka.

Kemunkaran yang oleh sebagian orang dipahami sebagai perbuatan yang kalaupun ada yang berani melakukannya, maka dia dilakukan secara tersembunyi, namun kini mereka sudah menyatakan seacra resmi dan terang2an menganut ideologi Iblis; โ€œKalo saya sesat, maka orang lain pun harus sesat!โ€

Jadilah dia promotor kemunkaran!!!

Di antara senjata ampuh yang sangat mereka andalkan sejak dahulu, apalagi sekarang, adalah membentuk opini yang dapat melemahkan daya pikir masyarakat, lalu secara bertahap masyarakat digiring pada sikap dan keinginan yang mereka bentuk. Dibuatlah berbagai alibi dan teori yang sekilas tampak ilmiah dan solutif, padahal dibalik itu menyimpan kebusukan yang sangat menyengat.

Kekufuran mereka tawarkan atas nama kebebasan berfikir dan berkeyakinan, free seks mereka jajakan atas nama seks sehat dan pencegahan AIDS, kemusyrikan disuguhkan atas nama seni dan budaya, dll.

Sementara di sisi lain, secara sistematis dan massif dengan berbagai sarana media dan dukungan dana tak terbatas, mereka berupaya menyudutkan orang-orang yang ingin komitmen mengamalkan agamanya. Berbagai isu mereka angkat; Terorisme, islam militant, Islam arab, wahabi, Islam transnasional, Islam garis keras, Islam politik, dll.

Jika diperhatikan dengan seksama, semua itu tak lain upaya untuk โ€˜menggertakโ€™ umat agar jangan โ€˜terlalu akrabโ€™ dengan agamanya dan membelanya.

Di sisi lain, banyak di kalangan umat ini yang โ€˜terhenyakโ€™ menyaksikan gempuran demi gempuran para promotor kemunkaran, sehingga mereka menjadi โ€˜mati gayaโ€™, seperti tidak dapat berbuat apa-apa selain โ€˜ngelus-ngelus dadaโ€™.

Sementara itu, ada sebagian pihak yang menempatkan sifat-sifat kelembutan dan sopan santun dalam masalah ini bukan pada tempatnya.

Maka lengkaplah sudah setting yang mereka inginkan, promotor kemunkaran tampak sangat militan dan di atas angin berhadapan dengan orang-orang baik yang lemah tanpa mau berbuat apa-apa selain keselamatan dirinya.

Inilah yang dikhawatirkan oleh Umar bin Khatab radhiallahu anhu yang terungkap dalam doanya,

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุฌูŽู„ูŽุฏู ุงู„ู’ููŽุงุฌูุฑู ูˆูŽุนูŽุฌู’ุฒู ุงู„ุซู‘ูู‚ูŽุฉู

“Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari militansi orang durhaka dan lemahnya orang-orang baik.”

Di alam bebas seperti ini dan saluran komunikasi dan informasi terbuka lebar, sudah tidak sepantasnya kita mengandalkan pengingkaran dalam hati sebagai langkah penolakan terhadap kemungkaran.

Selain itu merupakan gambaran selemah-lemahnya iman, juga karena Rasulullah saw melarang kita untuk tampak lemah di hadapan kekufuran dan kemungkaran.

Karena itu, saat pertama kali umrah, Rasulullah saw memerintahkan para shahabatnya untuk membuka pundak kanannya dan berlari-lari kecil saat thawaf, agar orang kafir melihat bahwa kaum muslimin kuat. Hal mana kemudian dikenal sebagai sunah dalam thawaf qudum bagi laki-laki.

Dalam peristiwa perang Uhud, ketika pasukan kaum muslimin terdesak akibat kelalaian pasukan pemanah dan Rasulullah saw terluka, orang-orang kafir ingin merontokkan mentalitas pasukan muslim.

Abu Sufyan yang ketika itu masih kafir berteriak, โ€œMana Muhamad, mana Abu Bakar, Mana Umar?โ€

Maka Umar berkata, โ€œYa Rasulullah, bolehkah saya menjawabnya?โ€ Jawab Rasulullah, โ€œYaโ€.

Maka ketika Abu Sufyan berteriak,

ุงุนู’ู„ู ู‡ูุจูŽู„

“Hidup Hubal….” (Hubal adalah nama berhala mereka)

Umar menjawab,

ุงู„ู„ู‡ ุฃูŽุนู’ู„ูŽู‰ ูˆูŽุฃูŽุฌูŽู„

โ€œAllah lebih tinggi dan lebih mulia.โ€

Abu Sufyan balik berkata,

ูŠูŽูˆู…ู ุจููŠูŽูˆู…ู ุจูŽุฏู’ุฑุŒ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ูŽ ุฏููˆูŽู„ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฑู’ุจูŽ ุณูุฌูŽุงู„

“Hari ini adalah pembalasan perang Badar, hari-hari silih berganti, perang kadang kalah kadang menang.”

Umar menjawab,

ู„ุงูŽ ุณูŽูˆูŽุงุกูŽ ุŒ ู‚ูŽุชู’ู„ุงูŽู†ูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุชู’ู„ุงูŽูƒูู…ู’ ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู

โ€œTidak sama, orang yang terbunuh di antara kami masuk surga, orang yang terbunuh di antara kalian masuk neraka.โ€ (dikutip dari riwayat Ahmad dan Hakim)

Lihatlah bagaimana Umar bin Khatab atas izin Rasulullah saw, tidak diam menghadapi provokasi orang-orang kafir, bahkan di saat mereka terdesak sekalipun.

Lihat pula bagaimana pilihan kata-katanya yang singkat namun berbobot serta tidak menampakkan kelemahan sama sekali. Bahkan Ibnu Abbas yang meriwayatkan hadits tersebut mengatakan bahwa peristiwa tersebut sebagai kemenangan yang istimewa.

Harus kita bedakan antara orang yang berbuat maksiat karena kelalaian atau ketergelinciran. Kepada mereka hendaknya kita nasehati baik-baik, tersembunyi dan tidak dibongkar aibnya dan jangan dicela.

Tapi kepada mereka yang terang-terangan mempromosikan kemungkaran, kesesatan dan kekufuran di tengah masyarakat muslim dan sering mengolok-olok nilai-nilai syariat dan orang yang berusaha mengamalkannya, baik tersirat atau tersurat, tidak ada tempat untuk bersikap lemah lembut kepada mereka, tidak ada tempat untuk menutupi makar dan konspirasi mereka, bahkan seharusnya kedok mereka dibongkar, argument-argument mereka dipatahkan dan celotehan-celotehan mereka harus dibalas tegas.

Tidak perlu anarkis, tidak perlu angkat senjata, tapi bantahlah seruan kesesatan mereka, bergabunglah dalam poros-poros kebaikan, nyatakanlah sikap dan jangan lemah. Inilah medan โ€œperangโ€ kita!

Abu Bakar Ash-Shidiq yang terkenal kelembutannya dan air matanya selalu meleleh, tak dapat menahan amarahnya ketika harus berhadapan dengan para provokator dan promotor kemungkaran.

Saat beliau menjadi khalifah dan berhadapan dengan sekelompok masyarakat yang terang-terangan terang-terangan murtad, sebagian lagi terang-terangan menolak membayar zakat, sebagai pemimpin dia memutuskan untuk memerangi mereka. Ketika sebagian shahabat berusaha mencegahnya dengan asumsi bahwa mereka masih muslim, Abu Bakar Ash-Shidiq memberikan jawaban memuaskan hinggga para shahabat menerimanya.

Bahkan ketika Umar bin Khatab ikut-ikutan menasehati Abu Bakar Ash-Shiddiq agar bersikap lemah lembut terhadap mereka, maka dengan tegas Abu menjawab,

ุฌูŽุจู‘ูŽุงุฑูŒ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููŠู‘ูŽุฉู ุฎูŽูˆูŽุงุฑูŒ ูููŠ ุงู’ู„ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ู . ุจูู…ูŽุงุฐูŽุง ุฃูŽุชูŽุฃูŽู„ู‘ูŽููู‡ูู…ู’ ุŸ ุจูุดูุนู’ุฑู ู…ููู’ุชูŽุนูู„ู ุฃูŽู…ู’ ุจูู‚ูŽูˆู’ู„ู ู…ููู’ุชูŽุฑูู‰ ุŸ!

โ€œ(Apakah engkau) perkasa saat masih jahiliah, namun justeru lemah setelah masuk Islam, dengan apa aku berbaik-baik dengan mereka, dengan syair yang dibuat-buat atau dengan ucapan dusta?!โ€

(Tuhfatu Ash-Shiddiq Fi Fadhli Abi Bakar Ash-Shiddiq, Ali Al-Maqdisi)

Jika promotor kemungkaran berkeliaran di tengah-tengah kita, sementara kita tidak terusik sama sekali untuk menghadangnya, periksalah kembali dimana iman kita diletakkan?!

“Selamat Berperang!”

Wallaahu a’lam.