Belajar Sukses dari Semut

Oleh: KH. Iman Santoso, Lc, MEI

حَتَّىٰٓ إِذَآ أَتَوۡاْ عَلَىٰ وَادِ ٱلنَّمۡلِ قَالَتۡ نَمۡلَةٞ يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّمۡلُ ٱدۡخُلُواْ مَسَٰكِنَكُمۡ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمَٰنُ وَجُنُودُهُۥ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُونَ

“Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, “Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.” (QS An-Naml 18)

Setiap manusia, khususnya umat Islam tentu ingin sukses, di dunia dan di akhirat. Allah Ta’ala Maha Pencipta, yang menciptakan manusia, Maha Mengetahui kebutuhan manusia. Manusia menginginkan hidupnya bahagia dan sukses di dunia dan akherat. Kunci sukses bagi manusia di dunia dan akherat adalah dengan mengikuti ajaran Allah Ta’ala yaitu Islam, dan Al Qur’an merupakan sumber ajaran Islam sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi manusia.

Salah satu surat dalam Al-Qur’an disebut surat An-Naml yang berarti semut. Ini adalah isyarat agar manusia belajar dari semut, agar hidupnya bahagia dan sukses.

Setiap manusia pasti pernah gagal bahkan merasakan kondisi tersulit dalam hidupnya. Marilah kita bangkit dan belajar dari semut. Berbagai kajian menegaskan adanya lebih dari 11.000 jenis semut dan jutaan koloni yang dihuni milyaran semut, tetapi semuanya berjalan dengan cermat, penuh perencanaan, profesional, kerjasama, pengorbanan dan mengikuti sistem. Setiap semut mengetahui tugas dan kewajibannya yang harus dilakukan.

Dari ayat di atas dan kajian ilmiah, kita mengetahui karakteristik dan prinsip-prinsip yang diterapkan semut dalam mewujudkan kesuksesan dalam hidupnya:

1. Rencana Yang Baik, Ikhlas dan Motivasi Yang Tinggi

Rencana yang baik, ikhlas dan motivasi adalah pilar sukses dalam hidup. Dalam Islam ketika seseorang akan melakukan sesuatu diajarkan untuk niat ikhlash. Niat ikhlash inilah rencana yang baik karena Allah dan motivasi tinggi untuk melaksanakannya.

Semut selalu merencanakan yang baik dalam hidupnya. Kemudian disiplin dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melaksanakan rencananya. Sebelum musim kemarau tiba, semut akan mengumpulkan makanan untuk bekal makanan di musim kemarau. Sehingga saat musim kemarau mereka sudah punya stok makanan dan tidak akan kelaparan.
Dan semut selalu berjalan dan tak pernah bosan untuk bekerja dimanapun gula berada, pasti akan semut kejar. Semut tak akan berhenti sebelum pekerjaannya selesai.

Para ilmuwan menemukan setiap semut melakukan pekerjaannya secara sempurna, tanpa manipulasi, tanpa berbohong dan tanpa main-main. Bahkan semut bekerja dengan serius dan tulus ikhlas. Ikhlas bahkan menjadi dasar kesuksesan hidup di dunia dan akhirat.

2. Pantang Menyerah dan Putus Asa.

Inilah prinsip sukses yang paling penting. Sesuai pepatah

من جد وجد

“Siapa yang sungguh-sungguh pasti sukses”.

Allah telah menginstal program yang kompleks ini di dalam otak semut hingga menjadikannya tidak pernah kehilangan harapan untuk sukses. Semut selalu mengulang-ulang upayanya hingga mendapat kesuksesan.

Bisa jadi seekor semut berusaha mendapatkan rezki dan memegang sebutir makanan atau daun kemudian membawanya dan meletakkannya di suatu tempat. Semut ini telah berusaha lebih dari seratus kali, tidak meninggalkan pekerjaan ini, dan pantang menyerah dan putus asa.

3. Pengorbanan dan Mengutamakan yang lain

Sesuai ayat di atas bahwa semut siap mengorbankan diri dan kehidupannya demi melindungi semut-semut lain dan menjamin kenyamanan dan makanan untuk mereka. Semut adalah insinyur yang mahir dalam membuat jembatan hidup sekalipun merasa sakit, menderita dan mati dalam rangka membangun koloni.

Subhanallah! Para psikolog mengatakan, sesungguhnya pengorbanan termasuk rahasia sukses dalam bekerja. Perang, serangan, perlawanan, dan menjauhkan musuh dari koloni termasuk salah satu cara sukses.

4. Kerjasama.

Bekerjasama atau gotong royong di dunia semut termasuk salah satu kiat sukses terpenting dalam bekerja.
Banyak orang gagal akibat mengambil keputusan sendiri dan tidak bekerjasama dengan orang lain atau meminta pendapat mereka. Para ilmuwan mengatakan bahwa semut tidak pernah bekerja sendirian, tetapi selalu bekerja kolektif. Kerja kolektif dan bekerjasama merupakan salah satu prinsip kesuksesan terpenting dari perusahaan- perusahaan besar. Rasa cinta, kerjasama, dan mengutamakan orang lain, antara yang besar dan yang kecil, sangat diperlukan untuk meraih kesuksesan dan kesinambungan.

5. Sasaran atau tujuan!

Ini termasuk syarat sukses dalam kehidupan. Tanpa adanya tujuan yang jelas tidak mungkin kesuksesan bisa diraih. Para ilmuwan mengatakan bahwa semut membuat strategi dan menentukan sasaran sebelum melakukan tugas apa pun. Tugas dibagi berdasarkan spesialisasi. Seekor semut melakukan tugas penjagaan, sedangkan semut yang lain melakukan pengawasan, dan memperingatkan adanya bahaya. Ada yang mengasuh anak-anak dan ada pula yang menjaga koloni.

Demikianlah semut melakukan pembagian tugas seperti perusahaan-perusahaan besar. Semoga anda telah belajar kiat-kiat sukses dari makhluk kecil dan lemah ini, tetapi sangat kuat kemauan dan tekadnya. Makhluk ini benar-benar layak dicontoh karena melakukan pekerjaan dan tugasnya dengan sangat cermat dan profesional, bahkan mencerminkan keindahan ciptaan Allah hingga berhak menjadi nama salah satu surat dalam al-Quran, Allah berfirman di dalamnya:

   ۗ صُنْعَ  اللّٰهِ  الَّذِيْۤ  اَتْقَنَ  كُلَّ  شَيْءٍ   ۗ اِنَّهٗ  خَبِيْرٌ  بِۢمَا  تَفْعَلُوْنَ

“.. (Itulah) ciptaan Allah yang mencipta dengan sempurna segala sesuatu. Sungguh, Dia Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. An-Naml: 88).

Wallahu a’lam bishowwab.