Suami Sering Chatting Dengan Wanita Lain

Pertanyaan  

Assalamualaikum ustad dan ustadzah semua, saya mau bertanya, suami saya senang sekali chat dengan wanita lain, bahkan sampai chat yang vulgar. Lalu terang terangan nelpon wanita tersebut, saya tahu saya salah terkadang saya cek hp suami dan rasanya ingin menangis karena diluar sana dia bertemu dengan perempuan yang dia ajak chat. Singkat kata saya cerita ke temen karena suami ngancam poligami terus sedangkan kebutuhan rumah tangga sehari hari hampir semua saya yang penuhi, sampai buat makan sehari hari. Akhirnya saya cerita sama mertua suami, tapi mertua minta saya untuk bersabar dan terus berdoa. yang penting suami pulang ke rumah tidak ke wanita lain. tapi saya sempet nanya ke temen cerita saya, saya disarankan mending pisah saja karena hubungannya sudah tidak sehat. Saya bingung saya diantara siap dan tidak siap. Saya selalu berusaha memenuhi keinginan nya membeli barang barang yang dia inginkan. tapi sikapnya chating dan bertemu dengan wanita lain diluar sana masih saja dia lakukan. bagaimana saya menyikapinya?

Jawaban
Ustadzah Herlini Amran, MA.

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Sayang sekali anda tidak menjelaskan berapa usia perkawinan anda, apa pekerjaan anda dan suami, bagaimana proses pernikahan anda, sudah memiliki anak berapa?

Semua latar belakang ini bisa menjadi bahan yang lebih lengkap, membantu  mencari solusi terbaik nya.

Menurut saya, anda harus lebih tegas pada suami. Jangan diperturutkan apa yang menjadi kemauan suami. Tunjukkan bahwa anda juga punya hak dan kekuatan. Suami yang baik itu adalah suami yang membalas kebaikan dg kebaikan pula. Bagaimana dengan ibadah suami anda, apakah sholat lima waktunya dikerjakan? AJak suami anda berbicara dari hati kehati. Ajak suami anda berpikir jauh kedepan, rumah tangga ini mau dibawa kemana, jika anda punya anak, bagaimana masa depan anak-anak anda kelak, jika hubungan orang tuanya tidak harmonis.

Sudahkah anda mengetahui suami memiliki WIL lebih karena factor apa? Bagaimana sikapnya sehari-hari kepada anda dan anak anak, semua jawabannya tentu menjadi pertimbangan anda, apakah rumah tangga ini perlu dipertahankan atau cukup disudahi saja.

Teruslah mendekatkan diri pada Allah, berdoa minta padaNYA, semoga Allah berikan jalan keluar yang terbaik.