Shalat Bisa Mencegah Penuaan Dini

• Para peneliti mengatakan bahwa seseorang harus melakukan aktivitas fisik lebih banyak. Menurut kajian yang dilakukan oleh team Universitas King’s College, Inggris, bahwa kurang aktivitas fisik bisa menyebabkan penuaan dini.

• Setelah melakukan berbagai pengujian terhadap sejumlah besar orang kembar, para peneliti mendapati bahwa mereka yang melakukan aktivitas fisik di sela-sela waktu kosong tampak lebih muda dibanding sejawatnya yang tidak melakukan aktivitas yang sama.

• Para peneliti juga mendapati bahwa panjanganya bagian-bagian yang disebut telomer di dalam untaian DNA orang-orang yang sedikit bergerak itu lebih pendek daripada di kalangan orang-orang yang banyak beraktivitas fisik. Karena diyakini bahwa bagian ini bertanggungjawab atas pendeknya umur sel.

• Para peneliti mengaitkan antara aktivitas fisik dan turunnya persentase penyakit kanker, jantung dan diabetes.

• Kajian ini menegaskan hubungan antara berbagai penyakit dan kurangnya aktifitas fisik, bahkan hubungan antara penuaan dini dan kurangnya aktivitas.

• Kajian meliputi 2401 orang kembar berkulit putih. Kepada mereka dibagikan kuesioner seputar aktivitas fisik yang mereka lakukan di sela-sela kehidupan mereka sehari-hari. Setelah itu diambil sampel dari darah mereka untuk dikaji DNA mereka.

• Para peneliti fokus mengkaji telomer yang merupakan ujung rangkaian DNA dan bertanggungjwab atas perlindunganya. Sebagaimana diketahui bahwa bagian-bagian ini pendek di kalangan orang-orang yang berusia tua sehingga menyebabkan sel-sel cepat punah dan mati.

• Kajian dilakukan terhadap sel darah putih di dalam darah sistem imun. Para peneliti mendapati bahwa telomer kehilangan rata-rata 21 bagian darinya setiap tahun. Disamping itu mereka mendapati bahwa telomer orang-orang yang kurang gerak lebih pendek dari mereka yang banyak gerak.

• Para peneliti mendapati bahwa orang-orang yang melakukan aktivitas fisik seperti lari dan bermain tenis selama 200 menit dalam satu pekan maka telomer mereka lebih panjang sekitar 200 bagian.

• Sedangkan orang-orang yang lebih aktif dari sisi fisik diantara mereka yang diteliti itu diketahui bahwa mereka tampak lebih muda usianya sekitar 10 tahun dibanding mereka yang tidak melakukan aktivitas fisik.

• Sebagaimana kajian perbedaan di kalangan orang-orang kembar yang hidup aktif secara fisik dan saudara-saudara mereka yang kurang aktif juga memberikan hasil yang sama.

• Kajian ini juga mengisyaratkan bahwa sel-sel mereka yang kurang gerak lebih mudah hancur. Diyakini bahwa stres punya dampak negatif terhadap panjangnya telomer dan bisa diringankan dengan olahraga secara teratur.

• Kajian yang diterbitkan Universitas tersebut menyimpulkan bahwa orang-orang yang melakukan aktivitas fisik secara teratur lebih muda dari orang lain sari sisi fisik.

Ulasan

• Ketika membaca kajian di atas saya segera teringat hadis Nabi saw yang menyebutkan: “Amal yang paling dicintai Allah adalah shalat pada waktunya”.

• Apa arti ungkapan yang indah ini? Ini berarti seorang mukmin akan melakukan “olahraga” lima kali setiap hari hingga akhir hidupnya!!

• Juga berarti seorang mukmin akan berwudhu setiap hari beberapa kali dan akan senantiasa berada dalam keadaan suci. Ini memberikan perasaan bugar dan vitalitas yang pada gilirannya menjadi terapi bagi penuaan dini.

• Saya juga teringat sabda Nabi saw: “Amal yang paling dicintai Allah adalah amal yang paling langgeng sekalipun sedikit”.

• Apa artinya ini? Ini berarti Nabi saw memerintahkan kita senantiasa menjaga ibadah-ibadah kita kepada Allah hingga akhir kehidupan kita.

• Disamping berarti kita harus membiasakan berjalan kaki ke masjid setiap hari. Karena banyak berjalan kaki ke masjid bisa mendekatkan seorang hamba kepada Tuhannya, disamping mendapatkan pahala dan kesehatan, dan menjauhkan diri dari momok penyakit. Karena itu Allah berfirman:

حَا فِظُوْا  عَلَى  الصَّلَوٰتِ  وَا لصَّلٰوةِ  الْوُسْطٰى  وَقُوْمُوْا  لِلّٰهِ  قٰنِتِيْنَ

“Peliharalah semua sholat dan sholat wusta. Dan laksanakanlah (sholat) karena Allah dengan khusyuk.” (QS. Al-Baqarah: 238)

* Banyak ayat yang memerintahkan kita bangun (shalat) malam. Masalah ini sangat penting untuk menjaga vitalitas manusia dan membuang kegalauan, problematika dan kecemasan. Karena kegalauan sangat negatif bagi usia sel, bisa memperpendek usia sel. Karena itu al-Quran datang untuk mengghlangkan kegalauan dan kecemasan. Firman Allah:

قُلْنَا  اهْبِطُوْا  مِنْهَا  جَمِيْعًا   ۚ فَاِ مَّا  يَأْتِيَنَّكُمْ  مِّنِّيْ  هُدًى  فَمَنْ  تَبِـعَ  هُدَايَ  فَلَا  خَوْفٌ  عَلَيْهِمْ  وَلَا  هُمْ  يَحْزَنُوْنَ

“Kami berfirman, Turunlah kamu semua dari surga! Kemudian jika benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa mengikuti petunjuk-Ku, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 38)

* Banyak ayat yang memerintahkan kita menyerahkan urusan kepada Allah dan ridha kepada pembagian-Nya. Banyak ayat yang memerintahkan kita banyak bersujud dan berdiri kepada Allah.

• Itu semua merupakan aktifitas fisik yang berkesinambungan. Firman Allah:

اَمَّنْ  هُوَ  قَا نِتٌ  اٰنَآءَ  الَّيْلِ  سَا جِدًا  وَّقَآئِمًا  يَّحْذَرُ  الْاٰ خِرَةَ  وَيَرْجُوْا  رَحْمَةَ  رَبِّهٖ   ۗ قُلْ  هَلْ  يَسْتَوِى  الَّذِيْنَ  يَعْلَمُوْنَ  وَا لَّذِيْنَ  لَا  يَعْلَمُوْنَ   ۗ اِنَّمَا  يَتَذَكَّرُ  اُولُوا  الْاَ  لْبَا بِ

“(Apakah kamu orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah pada waktu malam dengan sujud dan berdiri, karena takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah, Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui? Sebenarnya hanya orang yang berakal sehat yang dapat menerima pelajaran.” (QS. Az-Zumar: 9)

* Adakah yang lebih agung dari agama Islam ini?

• Penerjemah: KH. Aunur Rafiq Saleh Tamhid, Lc