Ramadhan, Surga dan Neraka

Narasumber : KH. Aunur Rafiq Saleh Tamhid, Lc

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِي مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنْ النَّارِ وَذَلكَ كُلُّ لَيْلَةٍ

“Pada malam pertama bulan Ramadlan syetan-syetan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satupun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satupun pintu yang tertutup, serta seorang penyeru menyeru, wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan berhentilah, Allah memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadlan”. (Sunan Tirmidzi 618)

• Hadis ini mengisyaratkan, di antara hal yang bisa kita gunakan untuk memotivasi semangat dan amaliyah kita di bulan ramadhan ini adalah dengan membaca atau mengkaji tentang surga dan neraka.

• Dengan mengetahui gambaran tentang berbagai kenikmatan surga maka pikiran dan jiwa orang beriman akan terdorong kuat untuk melakukan amal-amal yang bisa membantunya meraih surga sehingga ia akan membuang segala kemalasan dan kelesuan dalam mengisi ramadhan ini dengan amalan-amalan para penghuni surga.

• Dengan mengetahui gambaran tentang dahsyatnya siksaan neraka maka orang beriman akan terdorong kuat untuk menjauhi segala kemaksiatan yang dilarang Allah sehingga ia takut bahkan sekedar berniat untuk berbuat maksiat.

• Salah satu contoh gambaran tentang kenikmatan surga yang paling rendah misalnya bisa kita baca dalam hadis berikut, apalagi gambaran-gambaran lain tentang kenikmatan surga yang lebih tinggi:

سَأَلَ مُوسَى رَبَّهُ مَا أَدْنَى أَهْلِ الْجَنَّةِ مَنْزِلَةً قَالَ هُوَ رَجُلٌ يَجِيءُ بَعْدَ مَا أُدْخِلَ أَهْلُ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ فَيُقَالُ لَهُ ادْخُلْ الْجَنَّةَ فَيَقُولُ أَيْ رَبِّ كَيْفَ وَقَدْ نَزَلَ النَّاسُ مَنَازِلَهُمْ وَأَخَذُوا أَخَذَاتِهِمْ فَيُقَالُ لَهُ أَتَرْضَى أَنْ يَكُونَ لَكَ مِثْلُ مُلْكِ مَلِكٍ مِنْ مُلُوكِ الدُّنْيَا فَيَقُولُ رَضِيتُ رَبِّ فَيَقُولُ لَكَ ذَلِكَ وَمِثْلُهُ وَمِثْلُهُ وَمِثْلُهُ وَمِثْلُهُ فَقَالَ فِي الْخَامِسَةِ رَضِيتُ رَبِّ فَيَقُولُ هَذَا لَكَ وَعَشَرَةُ أَمْثَالِهِ وَلَكَ مَا اشْتَهَتْ نَفْسُكَ وَلَذَّتْ عَيْنُكَ فَيَقُولُ رَضِيتُ رَبِّ قَالَ رَبِّ فَأَعْلَاهُمْ مَنْزِلَةً قَالَ أُولَئِكَ الَّذِينَ أَرَدْتُ غَرَسْتُ كَرَامَتَهُمْ بِيَدِي وَخَتَمْتُ عَلَيْهَا فَلَمْ تَرَ عَيْنٌ وَلَمْ تَسْمَعْ أُذُنٌ وَلَمْ يَخْطُرْ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ قَالَ وَمِصْدَاقُهُ فِي كِتَابِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ
{ فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ }
الْآيَةَ

“Musa bertanya kepada Rabbnya, ‘Apa gambaran penghuni surga yang paling rendah kedudukannya? ‘ Allah menjawab, ‘Yaitu orang yang datang setelah penghuni surga dimasukkan ke dalam surga, lalu dikatakan kepada orang ini, ‘Masuklah ke surga! ‘ Orang ini menjawab, ‘Wahai Rabbku, bagaimana mungkin aku bisa masuk, sementara mereka sudah menempati tempat masing-masing dan mengambil bagian mereka? ‘ Maka dikatakan kepada orang ini, ‘Apakah kamu mau mendapatkan bagian kerajaan seperti seorang raja di antara raja-raja dunia? ‘ Orang itu menjawab, ‘Aku rela, wahai Rabbku.’ Rabb mengatakan, ‘Itu bagianmu ditambah seperti itu, ditambah seperti itu, ditambah seperti itu, (ditambah seperti itu). Pada kali kelima, orang itu mengatakan, ‘Aku rela, wahai Rabbku’. Rabb mengatakan, ‘Ini bagianmu ditambah sepuluh kali lipatnya. Dan kamu mendapatkan apapun yang kamu inginkan dan matamu menyukainya.’ Orang itu mengatakan, ‘Aku rela, wahai Rabbku.’ Musa mengatakan, ‘(Bagaimana dengan) orang yang paling tinggi kedudukannya? ‘ Rabb menjawab, ‘Mereka itu, orang pilihan-Ku, kemuliaan mereka telah Aku tanam dengan tangan-Ku, dan Aku menyempurnakan (kemulian itu), ia belum pernah terlihat mata, belum pernah terdengar telinga dan belum pernah terdetik dalam hati.’ Perawi berkata, ‘Dalilnya terdapat dalam Firman Allah: ‘(Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka) ‘ (Qs. As-Sajdah: 17).’ (Shahih Muslim 276)

• Di dalam al-Quran dan hadis Nabi saw terdapat rincian yang sangat banyak tentang kenikmatan surga. Berbagai rincian tersebut bisa dijadikan agenda kajian di bulan ramadhan sehingga bisa menjadi motivasi untuk terus bersemangat mengisi ramadhan dengan berbagai amal-amal para penghuni surga, dari awal hingga akhir ramadhan.

• Demikian pula gambaran tentang berbagai siksaan yang sangat mengerikan di dalam neraka.

• Semua jiwa manusia pasti senang dan terdorong dengan berbagai kesenangan dan kenikmatan. Semua jiwa manusia pasti takut dengan berbagai siksaan dan penderitaan yang sangat mengerikan. Kecuali jiwa yang sakit dan keras membatu.