Pakaian dari Api dan Aspal

Oleh: KH. Aunur Rafiq Saleh Tamhid, Lc

هٰذٰنِ  خَصْمٰنِ  اخْتَصَمُوْا  فِيْ  رَبِّهِمْ  فَالَّذِيْنَ  كَفَرُوْا  قُطِّعَتْ  لَهُمْ  ثِيَا بٌ  مِّنْ  نَّارٍ   ۗ يُصَبُّ  مِنْ  فَوْقِ  رُءُوْسِهِمُ  الْحَمِيْمُ

“Inilah dua golongan (golongan mukmin dan kafir) yang bertengkar, mereka bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka bagi orang kafir akan dibuatkan pakaian-pakaian dari api (neraka) untuk mereka. Ke atas kepala mereka akan disiramkan air yang mendidih.” (QS. Al-Hajj: 19)

• Di dalam al-Quran banyak digambarkan tentang hal-hal mengerikan yang akan dialami manusia di dalam neraka. Berbagai gambaran mengerikan ini dimaksudkan agar dijadikan pertimbangan, pengingat dan pencegah bila sedang menghadapi godaan menggiurkan untuk melakukan maksiat, kemungkaran dan kejahatan.

• Karena sangat mengerikan dan tidak mungkin manusia kuat mengalaminya sehingga sekedar membayangkannya saja sudah mendapat efeknya yang sangat menakutkan. Efek sangat menakutkan dari gambaran ayat tesebut memang menjadi tujuan utama agar bisa menghentikan keinginan-keinginan atau dorongan-dorongan tidak baik.

• Karena sangat mengerikan sehingga mengambil satu, dua atau tiga gambaran (capture) saja untuk terus dihadirkan dalam otak manusia mungkin sudah cukup untuk menjadi pencegah dari perbuatan maksiat dan kejahatan.

• Sekuat apa pun tidak ada manusia yang kuat memakai pakaian dari api kemudian disiram dengan air mendidih di bagian kepalanya.

• Pakaian lain yang tidak kalah mengerikannya adalah pakaian dari aspal mendidih. Terpercik minyak panas saat menggoreng sesuatu saja sudah tidak terperikan sakit dan panasnya, apalagi memakai pakaian dari aspal panas yang melekat di badan. Sungguh sangat mengerikan. Pakaian ini benar-benar ada dan disiapkan di dalam neraka. Firman Allah:

وَتَرَ ى  الْمُجْرِمِيْنَ  يَوْمَئِذٍ  مُّقَرَّنِيْنَ  فِى الْاَصْفَادِ

“Dan pada hari itu engkau akan melihat orang yang berdosa bersama-sama diikat dengan belenggu.” (QS. Ibrahim: 49)

سَرَا بِيْلُهُمْ  مِّنْ  قَطِرَانٍ  وَّتَغْشٰى  وُجُوْهَهُمُ  النَّارُ

“Pakaian mereka dari cairan aspal, dan wajah mereka ditutup oleh api neraka,” (QS. Ibrahim: 50)

• Aspal tidak bisa menjadi cairan jika tidak dalam keadaan panas dan dipanaskan terus-menerus.

• Gambaran sangat mengerikan seperti ini mungkin diperlukan bagi orang yang nafsu kejahatan, dosa dan maksiatnya sudah sampai pada tingkatan akut dan parah.

• Semoga Allah menghindarkan kita semua dari semua bentuk siksa neraka yang sangat mengerikan.