Menjaga Imun Tubuh dengan Doa

Narasumber: KH. Aunur Rafiq Saleh Tamhid

حَسْبُنَا  اللّٰهُ  وَنِعْمَ  الْوَكِيْلُ

(hasbunallohu wa ni’mal-wakiil)

“Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.” (QS. Ali ‘Imran: 173)

•Doa ini singkat dan mudah dihafal tetapi khasiatnya sangat dahsyat dan sudah terbuktikan hasilnya (mujarab).

• Doa ini dahsyat dan berkhasiat tinggi karena maknanya yang mengandung permintaan pertolongan dan perlindungan Allah semata tanpa berharap kepada selain-Nya. Juga diungkapkan dengan singkat karena menggambarkan situasi kritis yang tengah dihadapi sehingga seolah mengungkapkan permintaan pertolongan cepat karena situasi yang mendesak dan mentok.

• Doa ini pernah diucapkan Nabi Ibrahim alaihis salam saat dilemparkan ke dalam api besar yang disiapkan oleh penguasa untuk menghabisi Nabi Ibrahim tetapi berkat doa ini Allah menyelamatkan Nabi Ibrahim dengan menjadikan api itu dingin dan aman tidak membakarnya.

• Doa ini juga pernah diucapkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan para sahabatnya pada saat dikepung pasukan kafir Quraisy di Madinah. Berkat doa ini Allah melindungi Nabi saw dan kaum muslimin hingga mendapat keselamatan dan kemenangan. Bahkan berhasil mengubah ancaman menjadi peluang kebaikan yaitu makin menguatkan iman.

• Tentu doa ini bisa kita amalkan di saat kita menghadapi situasi kritis pandemi covid19 yang menakutkan dan tengah memuncak ini.

• Bagi sebagian orang yang sulit menghafal doa yang panjang, mungkin doa ini bisa menjadi pilihan untuk diwiridkan di setiap saat. Semoga dengan mewiridkan doa ini hati kita tenang lalu imun tubuh meningkat. Kemudian Allah membebaskan kita dari wabah ini. Amin ya robbal alamin.