Islam Menjadi Agama Terbesar di Dunia

Oleh: KH. Iman Santoso, Lc, MEI

Pada tahun 1400 yang lalu, Islam bermula dengan satu orang yaitu Nabi Muhammad Saw. Kemudian setelah 23 tahun Rasulullah Saw berdakwah, saat haji Wada’ Rasulullah saw bersabda atau menyampaikan khutbah Wada’ (perpisahan) pada sahabat muslim yang hadir lebih dari 100.000 sahabat.

Sedangkan sekarang, Wikipedia.org melaporkan, perkembangan pemeluk agama Islam semakin bertambah menjadi 1,93 miliar umat menurut data tahun 2022. Dengan ini penganut agama Islam di dunia menjadi agama terbesar kedua setelah agama Kristen. Jumlah umat Islam saat ini mencapai 23,4% populasi dunia. Penganut agama Islam terbesar sekarang masih diprakarsai oleh negara Indonesia.

Namun, peneliti populasi memperkirakan bahwa Islam akan menyusul Kristen pada tahun 2050.

Apa rahasia tersebarnya Islam yang demikian mengagumkan ini ? Ada dua alasan penyebaran Islam tersebut. Pertama; keluarga muslim yang memiliki keturunan banyak sehingga semakin memperbanyak populasi umat Islam di dunia. Kedua; banyaknya non muslim yang masuk Islam. Bahkan dalam perhelatan akbar Piala Dunia 2022 di Qatar, infonya ratusan orang masuk Islam.

Nabi saw bersabda:

لَيَبْلُغَنَّ هَذَا الْأَمْرُ مَا بَلَغَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَلَا يَتْرُكُ اللَّهُ بَيْتَ مَدَرٍ وَلَا وَبَرٍ إِلَّا أَدْخَلَهُ اللَّهُ هَذَا الدِّينَ بِعِزِّ عَزِيزٍ أَوْ بِذُلِّ ذَلِيلٍ عِزًّا يُعِزُّ اللَّهُ بِهِ الْإِسْلَامَ وَذُلًّا يُذِلُّ اللَّهُ بِهِ الْكُفْرَ

“Agama Islam ini akan menjangkau semua lokasi yang terjangkau oleh siang dan malam, dan tidaklah Allah membiarkan satu rumah pun di kota maupun desa atau pelosok, kecuali Allah memasukkan agama ini dengan kemuliaan orang yang mulia atau dengan kehinaan orang yang hina. Dengan kemuliaan Allah memuliakan Islam dan dengan kehinaan Allah menghinakan kekufuran.” (Musnad Ahmad 16344)

Ini berarti semua wilayah di bumi yang terjangkau oleh siang dan malam akan dijangkau Islam. Ini yang terjadi secara faktual pada hari ini karena di semua negara pada hari ini ada kaum muslimin. Karena itu hadis Nabi saw di atas merupakan mukjizat ilmiah yang disampaikan Nabi saw.

Satu hal lagi yang akan semakin mempercepat populasi muslim terbesar di dunia, yaitu turunnya nabi as yang akan mengajak umat Kristen dan umat manusia untuk kembali pada ajaran Islam. Rasul saw bersabda:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَيُوشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيكُمُ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَماً مُقْسِطاً، فَيَكْسِرُ الصَّلِيبَ، وَيَقْتُلُ الْخِنْزِيرَ، وَيَضَعُ الْجِزْيَةَ، وَيَفِيضُ الْمَالُ حَتَّى لاَ يَقْبَلَهُ أَحَدٌ”.

“Demi jiwa Muhammad yang ada di tangan-Nya, hampir saja akan turun padamu Isa ibnu Maryam, yang akan menjadi pemimpin yang adil, menghancurkan salib, membunuh babi, tidak menarik pajak, dan harta melimpah sehingga tidak ada satu orangpun yang menerima pemberian” (HR Bukhari dan Muslim).

Ini semua adalah rahmat atau kasih sayang Allah bagi manusia.