Fakta Ilmiah dari Perputaran Bumi

• Ada fakta ilmiah bahwa bumi ini berputar dengan gerakan melingkar seputar orbitnya. Kecepatannya pada khatulistiwa mencapai batas 1670 kilometer per jam. Kecepatan ini lebih tinggi dari kecepatan suara yang mencapai 1200 kilometer per jam.

• Sekalipun demikian kita tidak merasakan perputaran tersebut. Firman Allah:

وَتَرَ ى  الْجِبَا لَ  تَحْسَبُهَا  جَا مِدَةً  وَّهِيَ  تَمُرُّ  مَرَّ  السَّحَا بِ   ۗ صُنْعَ  اللّٰهِ  الَّذِيْۤ  اَتْقَنَ  كُلَّ  شَيْءٍ   ۗ اِنَّهٗ  خَبِيْرٌ  بِۢمَا  تَفْعَلُوْنَ

“Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap di tempatnya, padahal ia berjalan (seperti) awan berjalan. (Itulah) ciptaan Allah yang mencipta dengan sempurna segala sesuatu. Sungguh, Dia Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. An-Naml: 88)

* Disamping itu bumi juga berputar mengelilingi matahari dengan kecepatan besar mencapai lebih dari 100.000 kilometer per jam!!

• Jadi, bumi berputar seputar dirinya satu kali putaran sempurna setiap hari, berputar seputar matahari satu kali putaran sempurna setiap tahun, dan berputar bersama tata surya seputar pusat galaksi dalam waktu lebih dari 200 juta tahun cahaya untuk satu kali putaran sempurna!!

• Perhatikanlah berbagai waktu putaran ini: Hari – tahun – 200 juta tahun cahaya. Bukan hanya itu saja tetapi galaksi juga seluruhnya berputar di dalam orbit yang sangat besar yang tidak diketahui batas akhirnya kecuali oleh Allah. Firman Allah:

   ۗ وَكُلٌّ  فِيْ  فَلَكٍ  يَّسْبَحُوْنَ

“Masing-masing beredar pada garis edarnya.” (QS. Ya-Sin: 40)

* Berbagai fakta ini menjadi bukti kekuasaan Tuhan Maha Pencipta yang sangat besar. Subhanallah!

• Penerjemah: Aunur Rafiq Saleh